Reaching the Spirit of Ramadan : Get to Know Ramadan and Idul fitri

Holaa sobat HIMA AKT🤗 gimanih puasanya? semoga selalu lancar ya‼️

By The Way, gakerasa yaa sebentar lagi kita khususnya umat muslim akan merayakan Idul Fitri, Alhamdulillah✨. Disini kita dari HIMA AKT ingin bercerita sedikit seputar Ramadhan dan Idul Fitri.

Sebelumnya dari temen-temen tau ga sih apa itu ramadhan dan idul fitri? hmm pasti udah ga asing dan sering di dengar kan yaah? Oke, jadi mari kita bahas bersama. "Ramadhan" itu sendiri, menurut Dai yang juga pengajar Rumah Fiqih Indonesia, Ustaz Ahmad Zarkasih, Ramadhan merupakan kata ysng berasal dari kata Romadh (رمض) yang berarti panas menyengat atau membakar. Dinamakan seperti itu karena memang matahari pada bulan tersebut lebih menyengat dibanding bulan-bulan lain. Panas yang dihasilkannya lebih tinggi dibanding yang lain. Imam Al-Qurthubi dalam tafsirnya menjelaskan: "Dinamakan bulan Ramadhan karena ia menggugurkan (membakar) dosa-dosa dengan amal saleh." Dengan demikian dapat kita simpulkan bahwa ramdhan adalah suatu bulan dalam hijiriah yang mewajibkan untuk berpuasa dimana puasa ini panas dalam tenggorakan terasa haus dalam menjalaninnya, selain itu pada bulan ini untuk membakar dosa-dosa dengan berbuat amal sholeh. Seperti hadits yang diriwayatkan oleh Bukhori dan Muslim :

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Artinya: "Barangsiapa berpuasa di bulan Ramadhan karena iman dan mengharap pahala dari Allah maka dosanya di masa lalu pasti diampuni." (HR Al-Bukhari dan Muslim)

Biasanya pada bulan suci ini, banyak kegiatan dan hal yang dilakukan loh oleh teman - teman muslim dan yang menjalankannya. Seperti mengaji atau tadarus al-qur'an, sholat tarawih, sedekah, dan ada zakat fitrah pada detik-detik terakhir ramadhan. Tak hanya itu, pada bulan suci ramadhan ini terdapat suatu ciri khas sejak dahulu dan hal yang menyenangkan, yaitu sebelum berbuka banyak orang - orang yang melakukan kegiatan ngabuburit pada sore hari dan membeli takjil yang banyak dijual hampir diseluruh jalan lohh dan tak lupa pastinya pada bulan ramadhan ini, terdapat istilah "BUKBER" atau Buka Bersama yang telah menjadi tradisi yang secara tak langsung juga menjalin tali silaturahmi looh🥳! Seruu banget kan 🤗.

Bulan ramadhan juga bulan yang dipenuhi dengan keberkahan serta kemuliaan, karena merupakan bulan dimana kami sebagai umat muslim dapat memanen pahala sebanyak - banyaknya disetiap ibadah dan kegiatan positif yang kita lakukan , wah keren yaa bulan ramadhan ini, begitu banyak keutamaan-keutamaanya 🥰✨

Nah kalo tadi kita sudah membahas tentang bulan suci ramadhannya, sekarang kita akan membahas hari kemenangannya atau yang biasa disebut sebagai "Hari Raya Idul Fitri" 🤍✨

Nah, Idul Fitri merupakan hari besar keagamaan yang dirayakan oleh umat Islam setelah menjalani ibadah puasa selama 30 hari di bulan Ramadhan. Di Indonesia, hari raya Idul Fitri biasa disebut sebagai lebaran. Lebih dari itu, Idul Fitri dimaknai sebagai bentuk refleksi diri, bentuk rasa syukur, dan kegembiraan. Dalam hal ini, refleksi diri memiliki makna bahwa setiap umat muslim dianjurkan untuk introspeksi diri dan kembali kepada fitrah Islamiyah. Biasanya pada hari raya ini kita hendaknta saling bermaaf-maafan dengan keluarga, sahabat, tetangga, teman, suadara dan lainnya. Selain itu juga, biasanya kita memakan opor ayam lohh bahkan sama kue-kuenya seperti kue nastar yang sangat amat terkenal, kastengel, putri salju, sagu keju dandan kawan-kawanya. Nahh hal yang lebih serunya lagi dan hal yang paling ditunggu setiap lebaran adalah mendapatksn THR ✨🤩🙏😍.

Wahh islam indah sekalii ya guyss setelah puasa, dilanjutkan dengan hari raya yang secara tidak langsung akan menyambung tali silaturahmii…

Nah dalam suasana menyambut Ramadhan dan Idul Fitri kita segenap HIMA AKT mengucapkan selamat berpuasa dan minal aidzin walfaidzin. Semoga di bulan suci ini kita dapat meningkatkan ketaqwaan dan mendapatkan ampunan serta pahala yang besar dari Allah SWT.

"Ada pertempuran yang terjadi di dalam dirimu di bulan Ramadhan, dan selama 30 hari Allah memberimu kekuatan untuk menang." -Nouman Ali Khan


See u on the hima blog again!🥰

Comments

Popular posts from this blog

Mengenal “The Big Four” Kantor Akuntan Pubik Terbesar Di Dunia

Peran Akuntansi Internasional Dalam Era Global

BANK SOAL