PROSPEK KERJA LULUSAN AKUNTANSI

 PROSPEK KERJA LULUSAN AKUNTANSI

Program studi akuntansi ialah program studi yang mempersiapkan mahasiswanya untuk bisa menjalankan profesi akuntansi, serta fungsi bisnis terkait seperti menerapkan instruksi dalam prinsip akuntansi dan teori, akuntansi keuangan, akuntansi manajerial, akuntansi biaya, pengendalian anggaran, akuntansi pajak, aspek hukum akuntansi, audit, prosedur pelaporan, analisis laporan keuangan perencanaan dan konsultasi, sistem informasi bisnis, metode penelitian akuntansi, standar dan profesiaonal dan etika, dan lain-lain. Ilmu tersebut kemudian diterapkan diberbagai entitas bisnis baik yang bersifat publik, maupun nonpublic, berorientasi profit, hingga instansi pemerintah.

Prospek kerjanya yang luas, membuat jurusan ini sangat diminati bagi para lulusan SMA yang akan melanjutkan ke jenjang perkuliahan. Jurusan akuntansi tidak hanya diminati oleh lulusan SMA dengan latar belakang IPS dan lulusan SMK akuntansi saja, melainkan juga diminati oleh lulusan SMA dengan latar belakang IPA dan lulusan SMK lainnya. Jurusan akuntansi menjadi jurusan favorit karena peluang profesinya yang bisa dibilang sangat terjamin.

Tetapi, kuliah dijurusan akuntansi tidak semudah itu. Orang-orang yang nantinya bekerja di profesi akuntansi harus sangat kompeten dan teliti, karena pekerjaan ini banyak menggunakan perhitungan. Karena itu, sebelum memilih akuntansi sebagai jurusan kuliah, ada baiknya untuk menelusuri lebih jauh bagaimana proses belajar dijurusan tersebut, mata kuliah yang akan dipelajari, dan tentu saja, harus melihat bagaimana kesempatan kerja bagi lulusan akuntansi saat ini maupun dimasa yang akan datang.

Nah, berikut beberapa profesi yang bisa digeluti oleh seorang lulusan akuntansi. Semoga bermanfaat.

Profesi Akuntan Publik (Public Accountant)

Akuntan publik adalah sebuah profesi yang dijalankan seorang akuntan independen. Akuntan independen ini bertugas untuk mengaudit laporan keuangan yang telah dikeluarkan suatu entitas untuk menentukan apakah laporan tersebut telah disajikan secara wajar. Akuntan publik ini, akab dibayar oleh perusahaan yang membutuhkan jasanya.

Jasa yang ditawarkan bisa bermacam-macam, mulai dari audit laporan keuangan, pemeriksaan kelayakan operasi perusahaan dan pengendalian internal entitas, hingga jasa konsultasi.

Nah, untuk menjadi seorang akuntan publik, maka lulusan akuntansi harus memenuhi beberapa persyaratan. Rata-rata gaji fresh graduate di Kantor Akuntan Publik, dapat berkisar antara Rp.4 juta hingga Rp. 8 juta.


Profesi Auditor Internal (Internal Auditors)

Auditor internal bertugas memastikan bahwa laporan keuangan yang dikeluarkan perusahaan telah disajikan secara apa adanya, sesuai dengan keadaan. Tujuan adanya audit internal ialah untuk membantu manajemen organisasi dalam memberikan pertanggungjawaban secara efisien, dan memastikan tidak terdapat penyimpangan.

Auditor internal umumnya adalah bagian dari suatu perusahaan dan karyawan dari entitas terkait. Perusahaan yang bergerak dibidang tertentu, seperti perbankan, dan perusahaan-perusahaan yang sahamnya dijual di BEI diwajibkan untuk memiliki auditor internal. Fresh graduate auditor internal dikota besar bisa berkisar antara Rp. 7 juta sampai Rp. 10 juta per bulannya.


Bekerja di OJK atau BEI

Lulusan akuntansi bisa juga bekerja diinstansi pemerintah bergengsi, seperti OJK (Otoritas Jasa Keuangan) dan BEI (Bursa Efek Indonesia). Gaji yang ditawarkan oleh kedua instansi tersebut untuk fresh graduate cukup menggiurkan.

Meski demikian, untuk bekerja diinstansi tersebut dibutuhkan skill yang tidak main-main dan harus melewati seleksi yang ketat. Sehingga sebaiknya, apabila mengiginkan pekerjaan di OJK atau BEI, mahasiswa akuntansi harus mulai mempelajari berbagai hard skill atau soft skill yang relevan, mempelajari bahasa inggris, aktif diorganisasi, dan sebagainya.

Menjadi PNS

Setiap instansi pemerintah, pasti membutuhkan lulusan jurusan akuntansi, untuk menangani masalah yang berhubungan dengan keuangan. Oleh karena itu, lulusan akuntansi selalu punya peluang di lowongan CPNS.

Lulusan akuntansi yang bekerja diinstansi pemerintah, dapat menerima gaji pokok antara Rp. 5 sampai dengan Rp. 7 juta. Belum lagi tunjangan-tunjangan lain dan imbalan atas prestasi yang diterima. Memilki prpfesi yang stabil, merupakan daya tarik profesi ini bagi lulusan akuntansi.


Membangun Bisnis Sendiri atau Menjadi Seorang Wirausaha

Sudah banyak lulusan akuntansi yang berkecimpung diberbagai bidang dengan membuka usahanya sendiri. Terutama, karena dijurusan akuntansi, banyak mata kuliah yang juga berhubungan dengan bisnis dan manajemen, maka peluang membuka bisnis sendiri sangat mungkin bagi lulusan akuntansi.

Kemampuan-kemampuan dasar yang diterima selama kuliah, dan pemahaman mengenai pencatatan dan pembukuan menjadi poin tambahan untuk lulusan akuntansi yang menjadi seorang wirausaha. Saat ini, teknologi memungkinkan banyak inovasi terjadi disunia bisnis. Oleh karena itu, bagi mereka yang berfikir kreatif, membuka bisnis bisa menjadi pilihan. Penghasilan yang menjanjikan bisa diraih apabila bisnis mereka mampu bersaing dengan bisnis lainnya, dan mereka dapat juga membantu membuka lapangan pekerjaan bagi mereka yang membutuhkan.

Comments

  1. Wahh, sangat bermanfaat. Jadi lebih termotivasi untuk semangat belajar, karna tau prospek kerjanya luarbiasaa. Terimakasih✨✨

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Mengenal “The Big Four” Kantor Akuntan Pubik Terbesar Di Dunia

Peran Akuntansi Internasional Dalam Era Global

BANK SOAL