AKUNTANSI BUDGETING

Pada artikel yang sebelumnya, kita telah membahas mengenai Akuntansi Manajerial atau Managerial Accounting. Pada artikel kali ini, kita akan membahas materi tidak jauh berbeda dengan materi yang sebelumnya. Kali ini kita akan membahas mengenai Akuntansi Anggaran atau Budgeting Accounting atau ada juga yang menyebutnya Akuntansi Budgeting. Nah apa saja yang akan kita bahas seputar Akuntansi Budgeting?yuk kita baca bersama…
            Akuntansi Anggaran atau Budgeting Accounting atau Akuntansi Budgeting merupakan teknik pertanggungjawaban dan pengendalian manajemen yang digunakan untuk membantu pengelolaan pendapatan, belanja, transfer, dan pembiayaan. Akuntansi anggaran diselenggarakan sesuai dengan struktur anggaran yang terdiri dari anggaran pendapatan, belanja, dan pembiayaan. Anggaran pendapatan meliputi estimasi pendapatan yang dijabarkan menjadi alokasi estimasi pendapatan. Anggaran belanja terdiri dari apropriasi yang dijabarkan menjadi otorisasi kredit anggaran (allotment). Anggaran pembiayaan terdiri dari penerimaan pembiayaan dan pengeluaran pembiayaan.
Unsur-unsur Anggaran diantaranya :
1.    Keseluruhan rencana merupakan penentuan kegiatan yang dilakukan pada waktu yang akan datang.
2.    Kegiatan perusahaan merupakan semua kegiatan yang akan dilakukan oleh semua bagian-bagian dalam perusahaan.
3.    Dinyatakan dalam angka adalah yang dapat digunakan pada semua kegiatan perusahaan yang bermacam-macam.
4.    Periode tertentu adalah keseluruhan mengenai apa-apa  saja yang akan terjadi pada masa yang akan datang.
Fungsi dan kegunaan Akuntansi Budgeting antara lain :
1.   Sebagai pedoman kerja
2.   Sebagai alat pengkoordinasian kerja
3.   Sebagai alat evaluasi (pengawasan) kerja
Artikel yang sebelumnya membahas mengenai Akuntansi Manajerial. Perlu kita ketahui bahwa Akuntansi Manajerial berhubungan dengan Akuntansi Anggaran atau Budgeting Accounting. Menurut Brownell dan Mciness (1986) dalam Rejeki (2012:4) menemukan bahwa partisipasi yang tinggi dalam penyusunan anggaran meningkatkan kinerja manajerial. Selanjutnya, menurut Indriantoro (2000) dalam Rejeki (2012:4) melaporkan bahwa Argyris (1952) menemukan bahwa partisipasi anggaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja manajerial.
Nah dapat disimpulkan bahwa Akuntansi Anggaran merupakan suatu teknik yang dilakukan oleh perusahaan yang berhubungan dengan kegiatan-kegiatan perusahaan yang dinyatakan dalam satuan uang dalam periode tertentu.

Sumber :
Rejeki, Marsudi Endang Sri. 2012. “Pengaruh Komitmen Organisasi Dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Hubungan Antara Partisipasi Anggaran Dan Kinerja Manajerial”. http://journal.respati.ac.id/index.php/lantip/article/download/348/288. (Diunduh tanggal 25 Mei 2016).
Wordpress. 2014. “Akuntansi Budgeting”. https://kristantoword.wordpress.com/2014/10/09/akuntansi-budgeting/. (Diunduh tanggal 26 Mei 2016).
Wordpress. 2009. “Pelatihan Standar Akuntansi Pemerintah”. https://priyohari.files.wordpress.com/2009/06/psap-02.doc. (Diunduh tanggal 26 Mei 2016).

Blogspot. 2009. “Kumpulan Artikel Ekonomi”. http://kumpulan-artikel-ekonomi.blogspot.ae/2009/07/anggaran-budgeting.html?m=1. (Diunduh tanggal 26 Mei 2016).

Comments

Popular posts from this blog

Mengenal “The Big Four” Kantor Akuntan Pubik Terbesar Di Dunia

Peran Akuntansi Internasional Dalam Era Global

BANK SOAL