AKUNTANSI MANAJEMEN (MANAGERIAL ACCOUNTING)

Setelah sebelumnya kita membahas mengenai Desa Digital, kali ini kita akan mengulas sedikit mengenai akuntansi manajemen atau biasa disebut dengan managerial accounting. Apa sih yang dimaksud dengan akuntansi manajemen? Apakah berbeda dengan Akuntansi Keuangan? Lalu apa fungsi dari Akuntansi Manajemen? Nah mari kita bahas bersama.
Akuntansi Manajemen atau Akuntansi Manajerial adalah sistem akuntansi yang berkaitan dengan ketentuan dan penggunaan informasi akuntansi untuk manajer atau manajemen dalam suatu organisasi dan untuk memberikan dasar kepada manajemen untuk membuat keputusan bisnis yang akan memungkinkan manajemen akan lebih siap dalam pengelolaan dan melakukan fungsi kontrol. Jadi bisa kita ketahui bahwa akuntansi manajemen ini ada karena kebutuhan manajemen membutuhkan informasi akuntansi yang dapat membantu manajemen dalam memimpin sebuah perusahaan.
Berbeda dengan Informasi Akuntansi Keuangan, Informasi Akuntansi Manajemen adalah:
  1. Dirancang dan dimaksukan untuk digunakan oleh pihak manajemen dalam organisasi sedangkan informasi Akuntansi Keuangan dimaksudkan dan dirancang untuk pihak eksternal seperti kreditur dan para pemegang saham,
  2. Biasanya rahasia dan digunakan oleh pihak manajemen dan bukan untuk laporan publik,
  3. Memandang ke depan, bukan sejarah,
  4. Dihitung dengan mengacu pada kebutuhan manajer, sering menggunakan sistem informasi manajemen, bukan mengacu pada standar akuntansi keuangan.
The American Institute of Certified Public Accountants (AICPA) menyatakan bahwa akuntansi manajemen sebagai praktik meluas ke tiga bidang berikut:
  1. Manajemen Strategi
Memajukan peran akuntan manajemen sebagai mitra strategis dalam organisasi.
  1. Manajemen Kinerja
Mengembangkan praktik pengambilan keputusan bisnis dan mengelola kinerja organisasi.
  1. Manajemen Risiko
Berkontribusi untuk membuat kerangka kerja dan praktik untuk mengidentifikasi, mengukur, mengelola dan melaporkan risiko untuk mencapai tujuan organisasi.
Secara garis besar, akuntansi manajemen ini berguna untuk :
  1. Merumuskan strategi.
  2. Proses perencanaan dan pengendalian.
  3. Pengambilan keputusan.
  4. Optimalisasi keputusan.
  5. Pengungkapan pemegang saham dan pihak luar.
  6. Pengungkapan entitas organisasi bagi karyawan.
  7. Perlindungan atas asset organisasi.
Kesimpulannya, Akuntansi Manajemen adalah salah satu bidang akuntansi yang berguna bagi para manajer dalam proses pengambilan keputusan bagi kelangsungan hidup perusahaan. Namun bidang akuntansi ini saling berkaitan dengan bidang akuntansi yang lain seperti Akuntansi Keuangan dan Akuntansi Biaya.
Pentingnya Akuntansi Manajemen ini membuat beberapa universitas membuka penjurusan akuntansi manajemen bagi para mahasiswa jurusan akuntansi. Hal ini tidak lain tidak bukan adalah untuk menambah ilmu serta memperbesar peluang terserapnya lulusan di dunia kerja yang semakin hari semakin besar persaingannya.

Sumber :

Comments

Popular posts from this blog

Mengenal “The Big Four” Kantor Akuntan Pubik Terbesar Di Dunia

Peran Akuntansi Internasional Dalam Era Global

BANK SOAL