AUDITING ATAU AKUNTANSI MANAJEMEN

MEMILIH JURUSAN LANJUTAN
AUDITING ATAU AKUNTANSI MANAJEMEN????????


Hai Akuntaners J
Kali ini HIMA Akuntansi akan mengajak kalian diskusi mengenai pemilihan jurusan yang tepat di semester 6 nanti, yaitu Auditing dan Akuntansi Manajemen. Pada dasarnya, untuk menentukan jurusan lanjutan yang tepat itu bergantung pada passion kalian masing-masing, namun kalian juga harus tahu perbedaan antara keduanya terlebih dahulu.
Auditing merupakan proses yang menunjukkan bagaimana seorang auditor melakukan pengujian terhadap laporan keuangan perusahaan dan menentukan tingkat kewajarannya. Biasanya  auditor bekerja di KAP (Kantor Akuntan Publik). Namun, ada juga auditor yang bekerja di perusahaan, yang biasa disebut dengan auditor internal. Auditor internal ini bekerja untuk perusahaan untuk menilai keefektifan penerapan kebijakan perusahaan dengan realisasi yang terjadi dalam keseharian.
Auditing laporan keuangan terdiri dari upaya memahami bisnis dan industri klien serta memperoleh dan menilai bukti yang berkaitan dengan laporan keuangan, sehingga memungkinkan auditor meneliti apakah pada kenyataannya laporan keuangan tersebut telah menyajikan laporan keuangan secara wajar sesuai dengan Prinsip Akuntansi Berterima Umum (PABU). Auditor bertanggung jawab untuk mematuhi standar auditing  yang diterima umum (Generally Accepted Auditing Standard / GAAS) dan Standar Profesional Akuntan Publik (SPAP) dalam mengumpulkan dan menilai bukti, serta dalam menerbitkan laporan uang memuat kesimpulan auditor yang dinyatakan dalam bentuk pendapat (opini) atas laporan keuangan.
Sedangkan Akuntansi Manajemen yaitu salah satu bidang akuntansi yang bertujuan untuk menerbitkan laporan internal guna memenuhi kebutuhan manajemen. Disini, perlu diketahui bahwa Akuntansi Manajemen berbeda dengan Akuntansi Keuangan, meskipun mereka sama-sama bekerja didalam perusahaan pemberi kerja. Banyak yang salah menafsirkan akan hal ini, maka dari itu teman-teman perlu mengetahui bahwa Akuntansi keuangan lebih mengarah pada proses untuk menerbitkan laporan keuangan, sedangkan Akuntansi Manajemen bertujuan untuk membuat laporan internal yang salah satu datanya bersumber dari laporan keuangan atau catatan-catatan lain yang telah dibuat oleh Akuntansi Keuangan.
Berikut kami sajikan tabel yang menunjukkan perbedaan Akuntansi Manajemen dan Auditing untuk mempermudah pemahaman kalian tentang konseptual keduanya.
Keterangan
Auditing
Akuntansi Manajemen
Pengertian
Suatu Pemeriksaan yang dilakukan secara kritis dan sistematis, oleh pihak yang independen, terhadap laporan keuangan yang telah disusun oleh manajemen, beserta catatan-catatan pembukuan dan bukti-bukti pendukungnya,  untuk dapat memberikan opini mengenai kewajaran laporan keuangan tersebut.
Akuntansi Manajemen merupakan salah satu bidang dalam akuntansi yang berkaitan dengan pemberian jasa kepada perusahaan dan penyajian laporan internal untuk pengambilan keputusan.
Tujuan
Menyatakan pendapat tentang kewajaran laporan keuangan.
Menyusun laporan internal yang dibutuhkan oleh manajemen.
Laporan yang dihasilkan
Laporan auditor independen
Laporan Internal (perusahaan)
Sumber data laporan
Bukti audit yang relevan dan dapat dipercaya
Data apapun yang dianggap relevan dan terkait dengan kegiatan usaha, termasuk jurnal (debit-credit yang dihasilkan oleh akuntansi keuangan.
Wilayah Kerja
Kantor Akuntan Publik (bagi auditor independen) dan Perusahaan (bagi auditor internal)
Perusahaan
Sertifikat Profesi
CPA (Certified Public Accountant)
CMA (Certified Management Accountant)
Dari penjelasan diatas, dapat diketahui bahwa Akuntansi Manajemen dan Auditing merupakan dua hal yang sangat berbeda. Auditing lebih mengarah pada prosedur penilaian dan evaluasi, sedangkan Akuntansi Manajemen lebih mengarah pada pemberian informasi.
Demikian beberapa penjelasan yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat dan dapat memberikan pencerahan menganai gambaran umum kedua bidang tersebut sehingga teman-teman sekalian tidak salah dalam memilih jurusan nanti J

Keep spirit, guys!!!!

Comments

  1. Terimakasih sangat bermanfaat,
    untuk pembahasan mengenai akuntansi auditing, mungkin link berikut bisa menjadi tambahan referensi:
    https://www.krishandsoftware.com/blog/1676/akuntansi-auditing-dan-manfaatnya/

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Mengenal “The Big Four” Kantor Akuntan Pubik Terbesar Di Dunia

Peran Akuntansi Internasional Dalam Era Global

BANK SOAL