AKUNTAN MASUK DESA, SELANGKAH LAGI!!

Perlakuan Akuntansi Sektor Publik Desa Di Indonesia
Sebuah langkah besar sedang dirintis oleh pemerintah dengan memberlakukan standar akuntansi di setiap desa. Tahun 2015 ini salah satu tahun hebat bagi dunia akuntansi, sebelumnya menyusul penandatanganan mutual recognition arrangements (MRA) antara negara ASEAN dimana profesi akuntansi merupakan salah satu dari 8 profesi yang bisa go international, selain go internasional kini Akuntan bisa masuk desa. Bagi dunia pendidikan akuntansi ini merupakan peluang besar untuk memberdayakan tenaga akuntansi. Kampus-kampus lebih banyak lagi memberi pelajaran mata kuliah akuntansi pemerintahan bukan hanya 3 SKS seperti dahulu. Mahasiswa akuntansi yang KKN atau praktek magang tidak melulu di perusahaan tapi juga di desa, AKUNTAN MASUK DESA!!
Kementerian Desa, PDT, dan Transmigrasi ingin memastikan pengucuran dana desa sesuai amanat UU Desa, bisa dilakukan dengan transparan dan akuntabel. Sehingga pelaporan yang dilakukan oleh aparat desa bisa sesuai standar, dan tidak meyalahi prinsip transparansi dan good governance.
Sebagai standard setter, IAI siap berkontribusi menyusun Pedoman Akuntansi Desa yang bisa digunakan dalam upaya transparansi dan akuntabilitas penggunaan dana desa. Undang-undang Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa telah mengharuskan setiap desa menyelenggarakan pelaporan keuangan mereka sesuai standar yang berlaku.
Sekarang ini, berdasarkan fakta yang ada, masih jarang perangkat desa yang memiliki pemahaman akuntansi yang baik. Maka pantas saja jika selama ini pelaporan keuangan desa sering bermasalah. Mereka memang belum melek akuntansi. Tapi kita juga harus memaklumi kalau SDM yang memahami akuntansi masih sangat terbatas.
Pada ranah inilah  peran akuntan akan lebih bermanfaat, jika mereka menggandeng regulator untuk menggelar banyak pelatihan dan pembimbingan, guna mengenalkan akuntansi kepada para perangkat desa.  Namun pedoman akuntansi yang diberlakukan kepada desa lebih disederhanakan  dan membumi, sehingga dapat membantu mempermudah mereka memahaminya.
“Ini tantangan buat para akuntan. Tugas akuntan untuk membuat pelaporan ini bisa dilakukan publik. Jangan sampai muncul kesan dari publik seolah akuntansi itu rumit. Kita buat standar yang sederhana, namun tetap mengedepankan prinsip-prinsip transparansi dan good goverance.”


Nah, pada waktu dekat ini, HIMA Akuntansi juga akan mengadakan acara Seminar Nasional Akuntansi dengan mengangkat Tema “Menuju Tata Kelola Keuangan Desa yang Akuntabel dan Transparan” (Silahkan update infonya di Grup FB Hima Akuntansi 2015 atau website hmjakt-unnes.ac.id). Jangan sampai lewatkan kesempatan ini yaa.. Dan ikuti terus perkembangan agenda-agenda HIMA Akuntansi lainnya yang pastinya bakal seru dan insyaAllah bermanfaat guys.. J
#HIMA_Akuntansi BISA!!
#ACTION_2015

Sumber:


Comments

Popular posts from this blog

Mengenal “The Big Four” Kantor Akuntan Pubik Terbesar Di Dunia

Peran Akuntansi Internasional Dalam Era Global

BANK SOAL