Si KOJIB
Seiring dengan semangat reformasi perpajakan Direktorat Jenderal 
Pajak sebagai institusi yang mengelola pajak negara maka sudah saatnya 
sebuah institusi besar ini memiliki integritas dan keseragaman untuk 
berbagai program penyuluhan dan publikasi kepada masyarakat mengenai 
pajak.
Kami dari BOLD Komunika (www.bold.co.id) diminta oleh bagian 
P2HUMAS Direktorat Jenderal Pajak untuk membuat program penyuluhan dan 
kampanye Direktorat Jenderal Pajak menjadi lebih terarah dan seragam.
Identitas visual yang kuat akan mudah diingat dan disukai, dengan 
latar belakang seperti inilah maka Direktorat Jenderal Pajak menyadari 
bahwa dibutuhkan sebuah identitas visual yang bisa menggambarkan 
institusi secara menarik.
Selain logo yang sudah dimiliki Direktorat Jenderal Pajak, institusi 
ini memutuskan untuk membuat sebuah maskot yang diberi nama KOJIB, 
maskot ini awalnya digunakan untuk mendukung program kampanye SUNSET 
POLICY pada tahun 2008, dan karena pertimbangan tertentu akhirnya 
penggunaan maskot KOJIB ini diteruskan untuk berbagai program kampanye 
atau dimasukan dalam berbagai bentuk media komunikasi ke publik atau 
masyarakat umum.
Nama KOJIB sendiri adalah singkatan dari KONTRIBUSI WAJIB yang memang
 perwakilan dari pajak itu sendiri. jadi pajak adalah kontribusi yang 
wajib dibayarkan oleh kita untuk negara.
Kesuksesan program sunset policy 2008 dan diteruskan dengan program 
sejenis pada tahun 2009 semakin membuat maskot ini dikenal masyarakat 
Indonesia, dan akhirnya dibuatlah berbagai macam gaya dan bentuk sebagai
 pengembangan dari maskot awal ini.
Sebagai institusi sebesar Direktorat Jenderal Pajak sudah tentu 
kehadiran maskot ini semakin membuat pergerakan program publikasi ke 
masyarakat indonesia semakin terarah dan tentu inilah langkah konkrit 
dari divisi P2HUMAS Direktorat Jenderal Pajak yang semakin profesional 
dalam mengelola berbagai bentuk program penyuluhan dan publikasi 
institusi ini.
Selain itu juga maskot ini untuk mengangkat citra kantor pajak yang 
sempat turun karena kasus yang menimpanya. Hasilnya sekarang direktorat 
jenderal pajak memiliki maskot yang sangat dikenal dan berhasil 
meningkatkan citra pajak di mata masyarakat.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
  
 
 
Comments
Post a Comment