RESESI GLOBAL, ANCAMAN EKONOMI NEGARA GLOBAL


Hasil gambar untuk economic recession"

Ditengah kondisi ekonomi dunia yang mengalami pergejolakan akibat perang dagang antara Amerika Serikat dan China. Banyak negara-negara di dunia yang mengalami penurunan daya beli masyarakat dan merosotnya Produk Domestik Bruto (PDB) di masing-masing negara. Tentu saja hal ini berdampak pada menurunnya tingkat investasi dan lapangan kerja bagi suatu negara.
Akibat terjadinya perang dagang yang melibatkan dua kekuatan ekonomi dunia mengakibatkan kondisi perlambatan ekonomi, khususnya di negara Amerika Serikat sendiri. Inversi imbal hasil hingga rendahnya nilai expor dari negara paman Sam tersebut terjadi dan berada di level lebih rendah dalam setahun ini. Menurut Katarina Setiawan, Chief Economist and Investment Strategist PT Manulife Aset Manajemen Indonesia. Kejadian ini merupakan akibat dari arah kebijakan The Federal Reserve System (The Fed) lebih akomodatif pada tahun 2019 dengan memberikan sinyal bahwa The Fed akan mempertahankan suku bunga acuannya pada tahun ini.
Ditengah kondisi tersebut, indonesia masih dapat bertahan dengan bersusah payah mendorong ekonominya, terutama ekspor dan nilai investasi. Walaupun dunia kini sedang bekerja keras menghadapi pertubuhan negatif atau resesi, Kadin atau Kamar Dagang dan Industri indonesia meyakini indonesia akan mengalami resesi di satu sampai dua tahun yang akan mendatang.
Menurut Menteri Keuangan, Sri Mulyani, terjadinya pelemahan ekonomi di sejumlah negara menjadi tantangan eksternal yang harus segera dicarikan solusi dan diatasi untuk menghadapi nya disaat kondisi ekonomi indonesia saat ini, karena banyak negara diluar sana seperti Jerman yang pertumbuhan ekonominya sangat luar biasa tetapi saat ini dihantui akan adanya resesi yang akan mengganggu pertumbuhan ekonominya.
Mengutip dari The Washington Post, bahwa terdapat sembilan negara yang terancam resesi yaitu, Jerman, Meksiko, Inggris, Italia, Singapura, Brasil, Argentina, Rusia, Korea Selatan. Jika ancaman resesi tersebut benar terjadi, hal tersebut tentu saja dapat berdampak pada pertumbuhan ekonomi global yang melambat dan mempengaruhi pertumbuhuan ekonomi indonesia dimana PDB indonesia mengandalkan faktor eksternal seperti Ekspor dan Investasi.


Comments

Popular posts from this blog

Mengenal “The Big Four” Kantor Akuntan Pubik Terbesar Di Dunia

Peran Akuntansi Internasional Dalam Era Global

BANK SOAL